Sabtu, 22 Januari 2011

Rumah Pohon yang Nyaris Tak Terlihat


 liar itu ternyata bisa diwujudkan. Tentang sebuah rumah pohon yang hampir tak terlihat, yang dibangun dari dinding berlapis cermin… jauh di pedalaman hutan Swedia!

Awal mulanya ide itu dianggap tak akan mungkin diwujudkan, namun Tham & Videgard bersikeras membangun rumah pohon yang nyaris tak terlihat itu. Arsitek itu mewujudkannya sebagai salah satu dari enam unit “TreeHotel” (hotel pohon), yang akan segera dibuka sekitar 40 mil arah selatan Arctic Circle (Lingkaran Arktik) di Swedia.
Bangunan berupa kaca kubus empat meter itu ternyata sangat spektakuler seperti yang memang diharapkan pada ide awalnya.Kent Lindvall, selaku co-owner TreeHotel, dalam sebuah kutipan mengatakan: Semuanya akan mencerminkan ini… pohon-pohon, burung-burung, awan, matahari, dan
semuanya (yang berada di sekitar rumah pohon itu). Ia memang jadi nyaris tak terlihat karena memantulkan panorama hutan di sekitarnya.

Demi aspek “ekologi”, Lindvall mengatakan bahwa rumah cermin itu yang berada di atas pohon itu dilapisi film khusus yang dapat dilihat oleh burung sehingga kemungkinan tabrakan tak terjadi karena sifatnya yang nyaris tak
terlihat.
Walau kesannya seperti makhluk yang bisa membuat dirinya tak terlihat dalam film “Predator”, bangunan ini tampaknya berupaya menerapkan konsep “eco resort”. Seperti yang dikatakan pemiliknya: “Ini hutan tak tersentuh, dan kami ingin merawatnya dengan cara yang sama. Kami memutuskan, misalnya, untuk tidak menawarkan safari mobil salju yang sangat umum di sini. Sebaliknya, akan menawarkan perjalanan di alam bebas yang masih liar.



sumber:     medantalk.com

Baca selengkapnya »