Kamis, 06 Januari 2011

Ada Wasit Wanita di Sepak Bola


Amy Fearn mencetak sejarah baru dalam dunia perwasitan sepak bola. Fearn menjadi wasit wanita pertama di dunia yang memimpin sebuah pertandingan sepak bola saat memimpin laga saat Coventry City menang 1-0 atas Nottingham Forest di lanjutan kompetisi Divisi Championship, Selasa kemarin.
Ia menggantikan Tony Bates yang mengalami cedera betis di menit ke-71. Ia sudah tahu sejak awal bakal menggantikan Bates. Sebab, kondisi sang wasit tak fit. Benar juga, Bates akhirnya menyerah pada menit ke-70. Sebenarnya, wasit sepak bola wanita sudah banyak, tapi kebanyakan juga memimpin sepak bola wanita. Di Inggris sendiri, pertandingan sepak bola profesional pria selalu dipimpin wasit pria.
Sebelumnya, Fearn sudah pernah menjadi wasit, tapi di pertandingan nonliga atau di Inggris disebut Conference. Ia menjadi wasit di sepak bola itu selama hampir tujuh tahun. Kini, Fearn bermimpi suatu saat nanti menjadi wasit di pertandingan Premier League, kasta tertinggi di sepak bola Inggris. Untuk mewujudkan ambisinya itu, ia kini fokus untuk terus menjadi wasit di Divisi Championship.
Fearn bukan yang pertama terlibat dalam urusan dunia perwasitan. Awal 1990-an, Wendy Tomsadalah wanita pertama yang menjadi ofisial resmi pertandingan. Toms kala itu menjabat sebagai ofisial keempat. Kesuksesannya memimpin pertandingan sepak bola ini, seolah membuka harapan bahwa di masa depan nanti tak menutup kemungkinan wanita menjadi wasit. Ayo kaum wanita, kita bisa!!


source: duniasoccer
Baca selengkapnya »